Mengenal Lebih Jauh Tentang USB Type C



Keseharian kita tidak lepas dari nama teknologi, semakin jaman kesini semakin maju teknologi. Android salah satu teknologi yang kita kenal saat ini, menjadi primadona dalam aktivitas keseharian. Android terus melakukan inovasi salah satunya chargernya menggunakan MicroUSB yang bertype C.

Apa USB Type C itu, serta apakah masih layak menggunakan USB yang kita pakai atau mengganti USB Type C. Berikut saya akan jelaskan



Apa Itu USB Type C ?
USB adalah singkatan dari Universal Serial BUS, dan itu adalah standar yang digunakan pada tahun 1994 oleh beberapa perusahaan yang memiliki standar untuk kabel dan koneksi antar perangkat yang dapat memberikan data dan daya. Type C diciptakan untuk generasi terbaru  dari USB 3.1, kita bisa merasakan kecepatan transfer data hingga 10 Gbps. Itu dua kali USB 3.0 yang 5 Gbps, dan jauh dari USB 2.0 yang lebih umum yakni 480 Mbps.

Dalam hal pengisian kita bisa mendapatkan satu kabel untuk mengisi segala sesuatu. Saat ini, hanya perangkat energi rendah yang didukung oleh micro-USB seperti smartphone, beberapa tablet, dan bahkan Chromebook.

Kebanyakan pengisi smartphone  menangani 5 volt pada 2 ampli, sedangkan komputer membutuhkan 20 Volt pada 5 amp. USB 3.1 dan konektor Type C baru, mendukung skabilitas daya dengan 100 watt, yang memungkinkan  untuk satu kabel dapat mengisi pada tingkat yang lebih rendah smartphone atau desktop yang lebih tinggi.

Para desainer Type C juga telah membuat pengguna akan mendengar suara klik saat memasukkan konektor ke dalam port. Ini adalah fitur yang akan membuat pengguna yakin bahwa konektor benar–benar terpasang di dalam port. Tidak ada lagi kata terbalik untuk memasangnya pada port. Mau menghadap ke atas atau ke bawah pun sama saja.




Apakah Saya Harus Mengganti ke Type C ?
Tergantung kamu jika tidak mengganti ke Type C tidak masalah karena untuk USB merupakan sudah sebuah standar, tetatpi jika kamu ingin yang berbeda tentunnya berbeda yang baik saya sarankan menggunakan Type C meskipun saya belum pernah mencoba menggunakan Type C. Tetapi banyak sumber yang mengatakan bahwa Type C lebih baik dari USB saat ini. Saat ini USB Type C merupakan sebuah standar teknologi untuk saat ini, mungkin kedepannya tidak ada lagi USB seperti kita pakai saat ini jadi mengharuskan kita membeli USB Type C. Saat ini penggunaan USB Type C sudah diaplikasikan pada smartphone dan laptop.


 
Apakah Mencharger Baterai dengan Type C Jauh Lebih Cepat?
Ini adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan banyak orang khususnya penggunaan smartphone. Banyak yang menginginkan dengan sedikit waktu dengan charger dapat mendapat daya yang besar. Saya akan menjelaskan bahwa USB Type adalah jawaban kalian saat ini

USB Type C dapat memberikan daya yang signifikan sebagai contoh, Samsung Galaxy Note 7 dengan baterai 3500mAh  dalam 5-10 menit sudah bisa mendapatkan 10-20 persen. Lebih jelasnya lihat video berikut

 


Apakah Teknologi Tersebut Bukan sebuah Mode Dalam berbinis ?
USB Type C merupakan sebuah standar yang diadopsi oleh Apple, Google, HTC, LG dan puluhan vendor lainnya. Ini adalah sebuah standar baru untuk penggunaan USB meskipun saat ini belum menyeluruh. Tetapi dalam 2-3 tahun kemudian penerapan ini akan menyeluruh 





Comments

Popular posts from this blog

INTEL VS AMD, Which Better ?

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Smartphone