Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Smartphone



Di tahun ini banyak smartphone yang menggoda kita untuk membelinya apalagi di era serba digital, sebuah smartphone jadi sebuah kebutuhan. Smartphone memang menjadi harta yang wajib dimiliki orang pada zaman sekarang, karena dengan smartphone canggih kita bisa melakukan apa saja yang ada didalamnya, apalagi dengan semakin banyaknya vendor-vendor yang mengeluarkan produk smartphone terbaiknya, dan semakin banyak pula orang-orang yang berlomba-lomba untuk membeli dan memiliki smartphone tersebut. Nah karena itulah disini akan dibahas bagaimana tips lengkap sebelum membeli smartphone Android atau pun IPhone agar anda dapat memiliki smartphone yang berkualitas dan asli tentunya, banyak yang harus kita ketahui sebelum membeli hp atau smartphone yang anda inginkan selama ini.

Berikut Tips sebelum Membeli Smartphone

1. Sesuiakan Anggaran
Langkah atau cara pertama adalah menyesuaikan budget atau anggaran pembelian dengan pemakaian yang kita butuhkan karena percuma kita memberi smartphone mahal-mahal hanya untuk chitchat doang, atau hany untuk fesbukan atau twitteran doang, jadi saya sarankan agar anda membeli smartphone sesuai pemakaian yang kita butuhkan, tapi jika anda mencari smartphone untuk gaming dan lain-lain silakan anda cari diinternet dan lumayan juga pasti seimbang dengan harganya. 

2. Cek Harga
Pada zaman canggih sekarang ini informasi sangat gampang kita dapatkan apalagi informasi mengenai harga gadget atau smartphone terbaru, mulai dari informasi spesifikasi harga dan lain sebagainya, nah tips yang pertama yang harus kita lakukan adalah mencari informasi harga smartphone yang ingin anda beli dengan detail dan bandingkan dengan harga ditempat anda, jika harga nya lebih mahal atau murah sedikit mungkin karena ada penambahan harga pada penjual toko karena udah termasuk ongkos kirim dan sebagainya, nah ini adalah hal yang wajar, tapi jika harga toko lebih rendah yang signifikan dengan harga dipasaran internet  maka smartphone ini harus anda cek kembali karena mungkin terdapat kekurangan – kekurangan yang dapat merugikan kita langkah ini sangat penting sebelum anda membeli smartphone.


3. Memilih Sistem Operasi

Smartphone sekarang ini mempunyai berbagai sistem operasi yang berbeda-beda dari Android, Windows phone, iOS, Blackberry, dan lainnya. Blackberry sendiri adalah OS mobile yang mengutamakan privasi dan keamanannya. Sedangkan Windows Phone adalah OS yang dikenal akan kecepatan dan kemudahan dalam berintegrasi dengan perangkat Windows lainnya.

Untuk iOS, ini menggunakan sistem operasi mobile yang mengedepankan kualitas, mulai dari kontrol privacy yang ketat, simple, model yang elegan dan gaya. Namun, kelemahan dari sistem operasi ini adalah pilihan perangkatnya yang terbatas pada iPhone, dan bagi banyak orang harga iPhone cenderung lebih mahal.

Android mempunyai sistem operasi yang digunakan oleh berbagai merek smartphone dari vendor kelas dunia yang menawarkan range harga yang berbeda-beda. Selain itu, Android  menyuguhkan bermacam aplikasi gratis yang menarik dan pengiriman data yang lebih mudah. Android pun punya kekurangan dalam pengaturan keamanan dari sistem operasi dan juga pengaturan izin aplikasi.  

4. Memilih Brand atau Merek 
Nah ini sangat penting sekali sebelum anda ingin membeli smartphone, usakahan sebelum membeli cari dulu merk yang menyediakan servis center yang berada dekat di kota anda dan garansi yang terpercaya , karena jika smartphone yang anda beli tiba-tiba hank setelah pemakaian bisa kita perbaiki cepat dengan garansi dan servis yang kita miliki, bayangkan saja bila anda membeli smartphone dengan garansi luar negeri dan jika tiba-tiba hank karena bukan kesalahan kita berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk menunggu smartphone kita selesai diperbaiki di luar negeri,jadi ini sangat penting sekali sebelum anda membeli smartphone terbaru anda. 

5. Performa  
Jika anda ingin membeli smartphone jangan tergiur dengan bentuk luarna saja anda harus tau juga performa atau kinerja dari smartphone anda karena walaupun smartphone anda cantik mewah tetapi memiliki kinerja yang lambat lemot maka banyak akan mengganggu anda dalam menggunakan smartphone tersebut, jadi cek baik baik smartphone anda sebelum anda menyesal nantinya. Cek CPU, GPU serta kapasitas RAM agar dalam pemakainya tidak menemui masalah lag atau crash

6. Kualitas Kamera
Kamera merupakan kebutuhan khusus bagi Opera Friends yang senang mengambil foto dan video berkualitas baik. Biar gampang ambil foto selfie, pilihlah smartphone yang mempunyai kualitas kamera depan yang bagus. Untuk Opera Friends yang suka membuat video, kamu dapat memilih smartphone dengan kemampuan merekam dengan resolusi HD biar hasilnya lebih memuaskan.

7. Ketahanan Baterai
Kapasitas baterai yang besar akan membuat daya hidup ponsel lebih lama, namun hal tersebut juga bergantung dari tingginya tingkat pemakaian ponsel itu sendiri. Setidaknya Smartphone dengan kapasitas baterai lebih dari 2200 mAh atau lebih dapat dijadikan pilihan. Jika Opera Friends sering menggunakan ponsel untuk aktivitas browsing, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi yang ramah untuk baterai ponsel pintar untuk membantu menghematnya.
 

Comments

Popular posts from this blog

INTEL VS AMD, Which Better ?