Android VS iOS






Pertarungan smartphone iOS vs Android seakan gak ada habisnya. Orang selalu memperdebatkan mana sistem operasi smartphone yang lebih bagus tanpa ada pemenang yang jelas. Kedua jenis sistem operasi ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga kamu bisa memilih mana yang lebih cocok untuk kamu pakai berdasarkan pengalaman yang ditawarkan.

Untuk kamu yang lagi bingung apa keunggulan masing-masing OS(operating sytem). Berikut kelebihannya


 iOS 


1. Lebih Membanggakan

Karena harganya yang mahal, hanya orang tertentu saja yang menggunakan smartphone Apple iPhone. Hal ini akan menyebabkan kamu menjadi lebih percaya diri ketika memakai smartphone kelas atas ini. Ketika orang melihat logo apel yang bersinar di belakang smartphone kamu, dia akan langsung tahu kalau kamu ini orang yang berpenghasilan menengah ke atas.

2. Update Lebih cepat

Setiap ada update sistem operasi, seluruh pengguna iOS akan langsung mendapatkan notifikasi update sehingga kamu akan selalu mendapatkan pengalaman menggunakan smartphone teraman, tercepat, terstabil, dan terbaik. Lebih kerennya lagi, update sistem operasi ini tidak pandang bulu, mulai dari produk Apple yang paling lama sampai dengan produk Apple yang paling baru semuanya akan kebagian update.

3. Jarang crash/hang

Kamu sebel smartphone Android kamu sering hang? Hal ini tidak akan terjadi di iOS. Sistem operasi iOS sangat stabil karena bebas dari aplikasi ‘aneh-aneh’ yang dibuat pengembang. Selain itu, sistem iOS juga di-update secara berkala oleh staff kelas dunia Apple, sehingga kestabilannya selalu terjaga.

4. The Best Fingerprint

Walaupun di beberapa smartphone Android kelas atas juga menawarkan fitur sidik jari, kualitasnya tidak ada yang sebagus yang ada di iPhone. Sudah terbukti bahwa fitur sidik jari di Android lebih sering gagal mengidentifikasi jari kamu ketimbang iPhone. Hal ini dikarenakan beberapa waktu lalu Apple telah membeli perusahaan yang spesialisasinya pada pendeteksi sidik jari sehingga saat ini Apple mempunyai kualitas scan sidik jari yang paling top.

5. No Lag

Walaupun kamu tidak me-restart smartphone kamu, kecepatan loading dari iOS tetap akan terjaga. Tidak seperti smartphone Android yang harus kamu restart berulang kali setiap hari. Hal ini disebabkan customization dari smartphone Android yang terlalu banyak, sehingga sering menyebabkan lag.

6. Kualitas Layar yang Baik

Produk Apple terkenal dengan keindahan layarnya. Menawarkan layar dengan kualitas terbaik, smartphone ini sangat cocok untuk kamu yang suka main game berat dan nonton film. Perlu diingat bahwa iPhone tidak bisa menggunakan memory card, jadi kalau kamu suka menonton film atau main game, sebaiknya kamu pilih iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

7. Praktis

Pakai Android ribet? Kalau pakai iOS, dijamin gak bakal ribet! Pengembang sistem operasi ini berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pengalaman terbaik dari hal-hal yang simpel. Kalau kamu baru pertama kali pakai smartphone, kamu bisa bingung bagaimana cara pakai Android, tapi dengan iOS kamu gak akan bingung!

8. The Best Camera

Kalau kamu bandingkan jumlah pixel-nya, pasti smartphone Android lebih tinggi angkanya, tapi pas dipakai foto, kamu akan terkejut karena biasanya foto hasil jepretan Apple iPhone lebih bagus dari pada smartphone Android.
Kenapa bisa begitu? Hal ini disebabkan karena kamera dari iPhone lebih pintar dari pada kebanyakan kemera smartphone Android. Misalnya, lebih pintar mengatur fokus, lebih baik dalam pengaturan cahaya, dan juga tidak blur saat tangan kamu bergoyang.

Sedangkan


Android 


1. Low Price

Bukan rahasia lagi kalau harga smartphone Android jauh lebih murah dari pada smartphone iOS. Harga smartphone Android yang paling mahal pun masih jauh lebih murah dari pada smartphone iOS, dengan fitur dan fasilitas yang hampir sama. Buat kamu yang budget-nya sedikit, lebih cocok pilih smartphone Android.

2. Banyak Aplikasi

Android membebaskan pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi, ditambah dengan mudahnya proses penerimaan aplikasi di Google Play Store, menyebabkan ada banyak sekali pilihan aplikasi yang bervariasi untuk smartphone kamu. Mulai dari aplikasi games, aplikasi chatting, aplikasi foto, alarm, kamus, hingga aplikasi yang bisa merubah tampilan smartphone kamu ada di sini.

3. Fitur Widget

Fitur ini tidak diragukan lagi merupakan andalan dari smartphone Android. Fitur widget ini memungkinkan pengguna membuat menu home yang sesuai dengan keinginan. Kamu bisa menaruh berbagai hal di layar home kamu, misalnya kontak favorit, email yang masuk, galeri foto, sampai dengan suhu dan cuaca di sekitar kamu sehingga kamu bisa menciptakan smartphone yang kamu banget dan tiada duanya.

4. Banyak Pilihan Ukuran Layar 

Smartphone Android menawarkan berbagai macam ukuran layar sehingga bisa memenuhi semua kebutuhan kamu. Mulai dari smartphone berukuran kecil yang bisa dengan mudah kamu kantongi, sampai dengan smartphone dengan ukuran lebih besar untuk kamu yang kesulitan ngetik di smartphone kecil. Namun perlu diingat bahwa semakin besar ukuran layarnya, biasanya harganya juga akan semakin mahal dan baterainya juga lebih cepat habis

5. Fitur yang Bervariasi

Karena banyak merek yang mengembangkan smartphone dengan menggunakan sistem operasi Android, otomatis banyak juga fitur unggulan yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih berbagai fitur unik yang ditawarkan berbagai merek, misalnya memerintahkan ponsel untuk melakukan sesuatu hanya dengan menggerakan tangan di udara atau mengedipkan mata, membagi layar menjadi 2, fitur pengecek detak jantung, kamera yang bisa diputar, sampai dengan pengisian daya baterai yang super cepat dan baterai yang tahan lama. Kamu bisa memilih merek yang menawarkan fitur yang paling pas buat kamu.

6. Bisa Ganti Baterai

Tidak seperti iPhone yang baterainya tidak bisa kamu lepas dengan mudah, kebanyakan smartphone Android yang beredar baterainya bisa dilepas dengan mudah. Dengan mudahnya mengganti baterai smartphone Android, kamu bisa saja membawa baterai cadangan kalau-kalau bateraimu habis di saat penting. Selain itu, kamu juga bisa mengganti baterai asli smartphone kamu dengan baterai buatan merek lain yang biasanya mempunyai kapasitas lebih besar.

7. Lebih Banyak Customization

Sistem operasi Android memungkinkan pengguna untuk merubah total tampilan sehingga kamu bisa merubah smartphone kamu sesuai dengan kemauanmu. Di iOS, kamu tidak bisa seenaknya merubah tampilan, hanya terbatas di wallpaper dan sejenisnya saja. Dengan kemampuan ini, smartphone kamu bakal lain dari pada yang lain! 

8.Menggunakan Charger USB

Charger yang dipakai smartphone Android pada umumnya menggunakan konektor USB sehingga kalau charger kamu ketinggalan, bisa pinjam charger teman kamu dengan mudah karena hampir semua charger saat ini menggunakan USB. Di Smartphone buatan Apple, chargernya khusus untuk dipakai iPhone saja sehingga kalau charger kamu ketinggalan, kamu bakal kesulitan cari pinjaman. Bahkan, iPhone versi lama dan versi baru juga berbeda lubang chargernya!

9. Menggunakan Memory Card

Pada umumnya smartphone Android bisa menggunakan memory card tambahan. Dengan murahnya harga memory card saat ini, akan sangat mudah buat kamu yang butuh memory lebih besar, misalnya untuk menyimpan film atau file berukuran besar lainnya. Di smartphone Apple tidak ada slot memory card, kamu harus membeli iPhone dengan harga yang lebih mahal kalau ingin punya kapasitas memory yang lebih besar.


Dari bacaan diatas, menurut kamu mana sistem operasi yang baik, jawabannya kembali pada anda masing-masing.


Comments

Popular posts from this blog

INTEL VS AMD, Which Better ?

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Smartphone