Cara Ampuh Mempromosikan Jualan Melaui Instagram


Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial (Facebook, Twitter, Flickr, dll). Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi dan menerapkan filter menarik yang bisa dipilih.

Instagram dapat digunakan di semua smarphone dengan berbagai platform sistem operasinya. Semakin banyak pengguna instagram maka bisa berpotensi menjadikkannya tempat untuk berbisnis
Siapa sangka, Instagram yang merupakan sebuah aplikasi berbagi gambar kini telah berkembang menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif dalam menjual produk Anda. Efektivitas ini tak lepas dari gambar yang di bagikan melalui akun Instagram tersebut. Kekuatan visual dianggap lebih mempunyai daya tarik untuk membawa customer melakukan konversi dibandingkan dengan cara lainnya.
  


Lengkapi Akun Instagram kamu dengan Keterangan yang Jelas
Siapapun tidak akan suka sesuatu yang tidak jelas, termasuk akun Instagram.
Maka lengkapi keterangan akun IG kamu, mulai dari profile picture, biodata serta keterangan website kamu jika ada.
Dengan ini akun IG kamu akan terlihat authority-nya, hal ini membuat siapapun yang melihat akan mulai memperhitungkan akun IG kamu.



Unggah foto produk paling bagus
Kadangkala hasil potret dari smartphone tidaklah bagus. Bila perlu pergunakan digital camera khusus yang hasilnya bagus dan kemudian olah di akun Instagram Anda. Pilih foto-foto andalan karena foto yang kreatif juga akan menambah ketertarikan terhadap calon pembeli.





Rutin untuk Melakukan Posting Gambar Setiap Harinya
Terdapat cara yang paling tepat untuk mempromosikan produk Anda melalui Instagram. Caranya, yakni dengan memelihara follower Anda dengan tetap terlibat dan mengambil perhatian follower baru Anda dengan membagikan foto produk bisnis Anda ke Instagram setiap hari. Setiap hari? Ya, usahakan agar Instagram Anda tetap mempunyai aktivitas yang konsisten setiap harinya. Pertanyaannya, bagaimana jika seandainya Anda tidak mempunyai foto yang menarik untuk dibagikan?



Hashtag (#) itu Penting!
Mungkin Anda sering kali melihat tanda “#” atau hastag pada Instagram disertai dengan kalimat yang mewakilinya. Ya, hal tersebut bukanlah sebuah tren sesaat yang hanya digunakan untuk hiasan saja. Melainkan, hastag tersebut disertakan untuk membuat produk bisnis Anda semakin dikenal. 

Kategorikan semua posting Anda dengan tanda pagar (#) di kolom keterangan (caption). Jika Anda menggunakan tren frase hashtag, maka hal tersebut dapat meningkatkan visibilitas konten Anda. Buat hashtag unik untuk bisnis Anda dan posting secara berkala. Dengan begitu, secara otomatis kategori unik memungkinkan pengguna dengan mudah menemukan foto produk bisnis Anda melalui fitur pencarian Instagram.





Berikan Promosi Khusus untuk Menarik Minat 
Tidak ada cara terbaik untuk promosi selain dengan memberikan penawaran yang menarik untuk follower Instagram Anda. Ingatlah, follower Anda merupakan calon customer. Untuk itu, Anda sepatutnya untuk memberikan penawaran-penawaran yang membuat follower Instagram Anda merasa tertarik. 

Misalnya, dengan memberikan promosi khusus berupa potongan harga atau bahkan gratis untuk produk tertentu setelah memilih produk utama. Jangan lupa untuk meminta customer Anda berbagi foto produk bisnis Anda menggunakan hastag untuk memenuhi persyaratan setiap promosi itu. Mudah bukan? Hal ini bergantung pada promosi yang Anda berikan sesuai dengan keadaan bisnis Anda. Pada dasarnya, strategi ini akan menghasilkan pemasaran gratis untuk bisnis Anda. 


 

Sebarkan ke jejaring sosial lainnya


Ketika siap untuk melepas foto hasil olahan di instagram, selanjutnya ikut sertakan foto itu tersebar ke jejaring sosial sosial Anda lainnya semisal Facebook, Twitter dll. Penyebaran itu sama seperti publikasi viral dan diketahui oleh banyak orang. 


Bagikan Konten Visual dengan Logo Brand
Bermain Instagram tentu berarti kita bermain dengan konten-konten visual. Maka dari itu lakukanlah sesuai dengan media Instagram tersebut. Bagikanlah konten-konten visual karya original team, maupun orang lain (tentunya dengan izin) seperti; Infographic, Gambar Unik, dll, lalu berikanlah logo brand kamu.



Sharing Momen-momen Belakang Layar kepada Followers Kamu
Pernah liat iklan tentang proses-proses pengerjaan sebuah mobil merk ternama di pabrik mereka? Mungkin hal ini bisa dianalogikan seperti itu.
Memberikan momen-momen intim dapat meningkatkan kedekatan brand kamu dengan para followersnya.
Hal-hal seperti; proses syuting film, proses pembuatan gaun pernikahan, proses produksi makanan snack, dan lain-lain dapat mengundang interaksi menarik dengan followers kamu.
Selain masalah kedekatan, hal ini memberikan trust kepada customer bahwa produk kamu memang berkualitas, terlihat dengan proses produksi yang misalnya; hygienis.



Berbagi Foto dari Klien yang Puas
Menghargai customer adalah ciri-ciri brand yang berkualitas, karena service mereka diatas rata-rata. Salah satunya adalah dengan mengepos kembali postingan Instagram customer yang puas dengan produk kamu.
Cara menemukan customer yang telah mengepos kamu yaitu bisa dengan cek di notifikasi apakah ada mention masuk atau tidak. Atau bisa juga search sesuai hashtag khusus brand kamu.


Berbagi Foto Stok Produk
Seperti di toko kovensional pada umumnya, product display sangat dibutuhkan bagi customer untuk mendapatkan kepercayaan dari olshop kamu.
Maka dari itu, “pamer” foto stok produk kami di Instagram bisa meningkatkan kepercayaan kepada calon customer yang pada mulanya ragu, menjadi yakin akan kredibilitas olshop kamu.


Lakukan Sistem Promosi “Siapa Cepat Dia Dapat”
Cara promosi produk ini mengandalkan scarcity alias kelangkaan sebuah produk. Contoh sederhananya adalah; “Hanya Tersedia 10 Stok!”, “Tidak Akan Dibuat Lagi!”, dll.
Namun dibanyak olshop banyak yang melakukan PO atau Purchase Order. Hal ini berarti para customer akan memesan terlebih dahulu barangnya, beberapa waktu kedepan baru produknya dapat diterima sang customer.
Maka dengan hal ini para Instapreneur bisa melakukan sistem promosi PO terbatas. 



Edukasi
Berikan konten-konten foto/video yang bersifat edukasi kepada para follower. Kadangkala pembeli 
tidak ingin sia-sia membeli produknya dengan mengetahui manfaatnya secara mendalam.




Jangan Melakukan Spamming ke Akun Lain
Spamming dilakukan dengan memberikan komentar tidak relevan atau promosi di akun lain yang banyak follower-nya. Ini dilakukan dengan tujuan menaikkan jumlah pengunjung. Tapi, cara SPAM seperti ini tidak akan baik untuk reputasi produk Anda. Lebih baik menggunakan cara – cara yang pantas dan tidak mengganggu akun orang lain.


Pasang di Akun yang Pengikutnya Banyak
Daripada melakukan spam, Anda bisa kerjasama dengan pemilik akun Instagram yang followers sudah banyak. Tidak harus dengan membayar. Dalam beberapa kesempatan, mereka bisa saling berbagi promosi. Sebenarnya ada banyak cara untuk kerjasama. Tidak selalu harus mengeluarkan dana dalam jumlah besar.






Comments

Popular posts from this blog

INTEL VS AMD, Which Better ?

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Smartphone