INTEL VS AMD, Which Better ?



Mungkin pertanyaan tersebut sering muncul di benak anda. Processor merupakan otak suatu komputer atau notebook yang tentunya berpengaruh vital pada jalan dan kinerja komputer tersebut. Kecepatan sebuah perangkat hardware biasanya ditentukan oleh sebuah processor. Ada dua brand ternama yang unggul dalam produksi hardware yang satu ini, dia adalah INTEL dan AMD. Keduanya mendominasi pasar dunia dan dianggap sebagai yang terbaik dengan penjualan terlaris.
 
Perkembangan processor menjadi pemicu dalam meningkatkan komputer. berbagai cara dilakukan orang untuk memperbaiki dan mengembangkan komponen yang satu ini. hal itu terbukti dengan banyaknya perubahan dan pembaharuan processor dalam hitungan detik saja. merek processor yang digunakan adalah merek INTEL dan AMD. Kedua processor ini saling bersaing untuk merebut pangsa pasar. kebutuhan coustumer menjadi tantangan bagi kedua perusahaan Processor ini .jadi jangan heran jika notebook atau PC menggunakan Merek diantara kedua merek processor ini.


Teknologi yang diberikan

1. Seri core
Adalah pencapaian teknologi mutakhir pada CPU AMD dan Intel. Dua core (inti processor) ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini sebenarnya tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti processor tersebut.Istilah yang kerap dipakai adalah multithreading. Aplikasi yang dirancang untuk ini menugaskan langkah-langkah kerja (threads) tertentu kepada setiap core processor yang dikerjakan secara paralel. Peningkatan kecepatan yang bisa diperoleh mencapai 70%.Pada aplikasi yang tidak dirancang untuk multithreading, peningkatan kinerja baru terasa bila beberapa aplikasi dijalankan sekaligus (multitasking). 

Hal ini serupa dengan Hyperthreading pada Intel. Bedanya, konsep Hyperthreading menggunakan 2 prosesor virtual.
Walaupun prinsip Dual-Core pada AMD dan Intel sama, realisasinya berbeda. Saat ini Intel masih memotong 2 core prosesor (Die) tunggal dari wafer semikonduktor, dua CPU Pentium dengan masing-masing L2 cache. Kedua cache baru disatukan dalam paket Dual-Core

2. 64 bit
Inovasi yang paling menggebrak dari pengembangan processor adalah implementasi 64 Bit. Dari sisi hardware, sejak dua tahun lalu, AMD sudah siap dengan solusi CPU 64 Bit pertamanya. Sayangnya, CPU ini belum didukung Windows di segmen Desktop. Baru setelah Intel juga menawarkan CPU 64 Bit dengan seri 6xx, industri processor mulai berubah. Sejak Mei lalu, Windows XP versi 64 Bit sudah tersedia dan dapat digunakan pada CPU AMD maupun Intel.

Dari sisi software, Extended Memory 64 Technique (EM64T) Intel ini sama dengan yang dipakai AMD. Teknologi ini adalah perluasan konsep 32 Bit dengan fungsi-fungsi tambahan sehingga software 32 Bit masih dapat digunakan.Registry dan perintah-perintah 64 Bit antara lain dapat mempercepat penanganan bilangan yang membutuhkan tempat lebih dari 32 Bit, termasuk format "Long-Integer" dan "Double-Floating-Point" yang digunakan pada aplikasi ilmiah. Dengan teknologi 64 Bit, memory address yang dapat dikontak juga meningkat 16 Exabyte (praktiknya hanya sekitar 1 Terabyte). Sebanyak 32 memory address maksimal hanya mencakup 4 GB.

Peningkatan kinerja lewat teknologi 64 Bit dapat dilihat pada hasil uji Cinebench 2003 dari Maxon Cinema 4D. Dengan Athlon X2, aplikasi 64 Bit ini mencapai kinerja 30% lebih tinggi dibanding aplikasi 32 Bit. Sementara dengan Pentium 4/670 kinerjanya lebih cepat 20%.


1. Intel Corporation


Merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di daerah USA dan sangat terkenal dengan sebuah rancangan produksi mikroprosessor nya dan juga mengkhususkan dalam pembuatan sirkuit. Intel juga membuat kartu jaringan, komponen chipset dan lainnya. Intel telah memiliki project riset yang sangat maju dalam seluruh aspek dalam bidang produksi semi konduktor, termasuk MEMS. Intel juga telah mengganti logo dan slogan pada awal Januari 2006. slogannya yaitu "intel inside" dirubah dengan "Intel Leap Ahead". Berikut ini beberapa produk prosessor intel hingga sampai saat ini :  
  1. Intel® Pentium® 4
  2. Intel® Pentium® Dual-Core 
  3. Intel® Core™2 Duo
  4. Intel® Core™2 Quad 
  5. Intel® Core™2 Extrme
  6. Intel® Core™ i3, i5, i7


2. AMD (Advanced Micro Devices)
 

Adalah sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, processor atau IC (integrated circuit) yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika. Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. Bila semuanya berjalan lancar, mimpi harga sistim PC akan dapat lebih murah bisa terwujud karena tidak lagi di monopoli oleh Intel. Pada tahun 2006 juga, AMD telah berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Tecnology. Perusahaan ini adalah penyedia processor x86-compatible processors terbesar kedua. AMD juga sudah dikenal oleh dunia, beberapa produknya yaitu :
  1. AMD Sempron™ 
  2. AMD Athlon™ FX  
  3. AMD Athlon™ 64 
  4. AMD Athlon™ X2  
  5. AMD PHENOM™ X3  
  6. AMD PHENOM™ X4  
  7. AMD bulldozer


Kelebihan INTEL
Pada beberapa jenis prosesor intel di atas sebenarnya sudah diberikan beberapa penjelasan tentang keunggulan intel sesuai dengan spesifikasinya. Namun secara umum prosesor intel memiliki kenggulan antara lain:
  1. Temperatur pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri (processor akan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas.
  2. Pipeline pada intel lebih panjang dibanding prosesor lain seperti AMD
  3. Intel menang di brand image dan marketnya.
  4. Pada prosesor Intel Pentium 4 harga standard, kinerjanya lumanyan cepat.
  5. Beberapa uji joba permorma ternyata prosesor intel lah yang kuat dalam hal apapun disbanding prosesor lain (AMD).
  6. Prosesor Intel lebih kuat dari porsesor AMD pada aplikasi multimedia,
Intel Turbo Boost : Meningkatkan performa dengan meningkatkan frekuensi core sesuai dengan permintaan pemakai secara otomatis. ( Core i5 dan i7 ). Contoh : Processor Intel Core i-7 720QM memiliki clock speed sebesar 1.60 GHz untuk minimum. Ketika menjalankan aplikasi yang membutuhkan clock speed yang tinggi. Processor secara otomatis meningkatkan clock speed hingga 2.93 GHz maksimum clock speednya. Dan ketika tidak dibutuhkan maka otomatis clock speednya akan menurun di angka minimum clock speed. Ibarat Speedometer semakin di gas semakin cepat jalannya kendaraan.
Intel HD Graphics : Grafik yang sudah high definition. Dibandingkan dengan Intel Graphics pada Core 2 Duo, Pada core-i grafiknya sudah jauh lebih bagus karena sudah HD. ( Pada Core i3, i5 dan i7 ). Maksimum Memory pada RAM hingga 16GB ( Maksimum memory tergantung dari masing – masing tipe processor ).
Sudah Menggunakan module DDR3 dengan FSB 1066 MHz.
  • Core i3 = Pada core i3 hanya memiliki 2 Core, Hyperthreading ( 4 Way )
  • Core i5 = Pada core i5 memiliki 2 Core, Hyperthreading ( 4 Way ) dan Turbo Boost
  • Core i7 = Pada core i7 memiliki 4 Core, Hyperthreading ( 8 Way ) dan Turbo Boost


Kelebihan AMD
  • Teknologi AMD64 sangat baik dalam menjalankan aplikasi yang berbasis 64-bit
  • Dalam masalah harga memang lebih murah daripada Intel
  • Dalam urusan grafis AMD lebih kuat daripada Intel
  • Enhanced Virus Protection Teknologi ini memungkinkan prosesor mendeteksi virus, dan jika terdeteksi virus tersebut maka tidak akan di proses.

Perbandingan Kecepatan


Perbedaan Intel dan Amd, dari segi penggunaanya, perangkat keras yaitu prosesor ini bagian penting dari komputer yang berfungsi sebagai inti dari kinerja komputer ini sendiri dimana semakin besar memori dan semakin banyak prosesornya semakin cepat juga kinerja yang di hasilkan oleh prosesor itu sendiri.
Prosesor yang cepat dapat kita lihat dari core (inti prosesor) semakin banyak core yang digunkan pada prosesor semakin cepat juga kinerja komputer yang kita gunakan. Mengapa demikian, karena prosesor bekerja didalam aplikasi-aplikasi program atau game yang kita pakai semakin banyak aplikasi yang kita jalankan semakin banyak juga prosesor kita gunakan.
Kesimpulan sebagai berikut :
  1. Untuk menggunakan prosesor Intel anda harus mengeluarkan banyak biaya apalagi dengan performanya tinggi yang di hasilkan oleh prosesor Intel yaitu Intel i7 dibandingkan dengan prosesor AMD anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya dan performanya juga lumanyan bagus. Oleh karena itu untuk anda yang biayanya pas-pasan pilihlah prosesor AMD tapi kalau biaya yang anda punya lebih silahkan anda memilih prosesor Intel.
  2. Prosesor Intel dan Prosesor AMD telah di uji performannya ternyata prosesor intel lah yang kuat dalam hal apapun sedangkan prosesor AMD hanyalah pilihan kedua anda.
  3. Prosesor Intel lebih kuat dari porsesor AMD pada aplikasi multimedia, sebaliknya prosesor AMD menang dari prosesor Intel di gaming dan program 3D nya.
    1. Ternyata AMD memiliki fitur smart detecting contohnya ketika kita melakukan multi tasking maka AMD akan mendeteksi mana yang sedang kita gunakan, dari situ AMD akan memfokuskan kepada aplikasi yang kita gunakan sedangkan sisanyadi buat sleep sementara
    2. INTEL lebih fokus kepada kecepatan sehingga inilah yang meyebabkan INTEL lebih cepat panas di bandingkan AMD, Tetapi Intel mampu mengurangi prosess nya sendiri ketika suhu panas.
  4. Suhu Overheat sebenarnya juga tergantung kebutuhan kita makin tinggi pengerjaan nya otomatis makin cepat panas dari segi Intel ataupun amd maka dari itu biasa nya menambang fitur pendingin pada processor nya.


Mana lebih baik digunakan untuk ngegame ??
Ini pertanyaan paling sering ditanyakan oleh user kebanyakan, karena kebanyakan tujuan membeli laptop atau merakit PC adalah untuk ngegame
  • Jika kamu punya dana pass-passan namun ingin memiliki komputer/laptop gaming, pilih AMD
  • Jika kamu punya dana lebih saran saya pilih processor Intel
  • Jika kebutuhan buat rendering, multimedia, dll saya pilih intel
  • Pilih clock speed yang tinggi ex: 3.4 GHz (Giga Hertz)
  • Pilih jumlah inti otak (core) ex: 8 core pada core i7
  • Pilih yang mengguankan sistem hyper threading, dan yang terakhir
  • Pilih yang cache besar : ex L3 Cache :8MB.
Umumnya, laptop dengan processor Intel i3 atau AMD A4 Dual Core rata-rata berkekuatan 2 GHz dan memiliki cache 2 MB sudah cukup lumayan untuk bermain game dari tingkat ringan hingga sedang.
Agar Anda bisa bermain game dengan nyaman, sebaiknya Anda memilih processor yang terbaik dan sesuai dengan motherboard pada komputer tersebut. Pilihlah processor dengan kierja yang lebih tinggi agar Anda bisa bermain game dengan nyaman. Semakin tinggi kinerja processor maka permainan game menjadi semakin baik. Sekalipun harga processor yang murah maupun mahal, namun Anda bisa lebih nyaman bermain game tentunya.




Comments

Popular posts from this blog

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Smartphone