DEEP WEB "Sisi Gelap Internet"




Seberapa sering kita menggunakan internet? Setiap hari?
Dengan menggunakan internet setiap hari, bukan berarti kita memang sudah mahir dan mengenal seluk beluk dunia internet dengan baik. Mungkin saja kita hanya mengenal bagian “permukaan” internet saja. Sebab dalamnya dunia internet siapa yang tahu?

Bagian dalam dari dunia internet biasa dikenal dengan istilah deep web. Kalau selama ini kita hanya mengenal dunia internet dari kegiatan browsing biasa, maka deep web tidak bisa diakses dengan cara browsing yang biasa kita lakukan. Karena sejatinya deep web menyimpan banyak misteri yang tidak bisa diakses oleh semua orang.

Tentang Deep Web


Deep Web (juga dikenal dengan nama Deepnet, Darknet, Invisible Web, Undernet atau Hidden Web) di Indonesia dapat disebut sebagai Web Dalam. Deep Web merupakan bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu dengan menggunakan mesin pencari web yang menggunakan indeks mesin pencari web. 

Deep Web berbeda dengan Dark Internet, dimana komputer tidak dapat lagi dijangkau melalui Internet, atau dengan Darknet yang merupakan jaringan untuk menukarkan data, yang dapat digolongkan sebagai bagian kecil dari Deep Web.(wikipedia.org)
Istilah deep web pertama kali dipopulerkan oleh Mike Bergman, pendiri BrightPlanet. Sejak tahun 2001, deep web dikenal memiliki konten dan informasi yang jumlahnya jauh lebih banyak dari surface web. Istilah surface web dan deep web digunakan untuk menganalogikan dunia internet secara keseluruhan.
 

Apa Yang Bisa Ditemukan ?
Di Deep Web, disana kita akan menemukan berbagai konten internet beredar secara bebas tanpa filter! perdagangan narkoba, kartu kredit curian (carding), human trafficking, pornografi ilegal, jasa-jasa ilegal (jasa pembunuhan, kartu identitas palsu), dan hal-hal ilegal lainnya dapat kita temukan disana secara bebas.
 



Selain itu, di dalam Deep Web kita juga dapat menemukan konten-konten mengerikan tanpa sensor seperti eksperimen terhadap manusia, situs penyiksaan secara live, dan hal-hal mengerikan lainnya.
 
Dikatakan juga bahwa Deep Web juga menjadi surga bagi para pelaku pedofilia, karena disana mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan. Deep Web juga merupakan tempat yang sangat berbahaya untuk dikunjungi, karena disana banyak sekali hacker berkeliaran. Selain itu, disanalah tempat dimana virus-virus komputer dibuat.
 
Disana kita juga dapat menemukan tutorial-tutorial aneh seperti cara membuat bom, cara membunuh tanpa ketahuan, cara menculik dan lain sebagainya.
Untuk itu, jika Anda ingin mengakses Deep Web maka Anda harus berhati-hati.


Apa Berbahaya Mengaksesnya ?
Deep web memang sangat berbahaya bagi para pengguna di dunia internet biasa. Ada banyak hacker atau pihak-pihak yang bisa mendeteksi keberadaan kita dengan mudah ketika kita memasuki deep web. Kepentingan apa yang membuat kita mengakses deep web?

Kalau kita melakukan kecerobohan saat membuka deep web, bukan mustahil para hacker akan mengungkap identitas kita bahkan mencuri informasi yang kita miliki. Deep web memiliki informasi yang lebih besar 400 hingga 500 kali dari web biasa, dengan kapasitas informasi mencapai 7.500 TB. Hampir 95% konten di deep web bisa diakses tanpa registrasi. Melakukan registrasi atau login di deep web hanya akan mempermudah cyber crime yang sedang mengintai 
 

Bagaimana Cara Mengakses ?
Deep Web adalah sebuah dunia yang sangat berbahaya bagi Anda yang belum begitu paham tentang seluk beluk dunia maya. Disana banyak sekali bahaya mengintai Anda, jika salah langkah maka data-data Anda dapat dicuri dalam waktu singkat.
Nah, disini ada beberapa cara aman untuk memasuki dunia Deep Web. Namun cara ini tidak benar-benar aman jika Anda tidak hati-hati dalam menggunakannya.
Dan berikut ini adalah cara mengakses atau memasuki gerbang Deep Web
 


TOR adalah kepanjangan dari The Onion Router, TOR adalah sebuah browser seperti Google Chrome dan Firefox, namun ia memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dua browser tersebut.

TOR bisa disebut software seperti VPN yang memungkinkan kita mengakses internet secara anonim. Dikarenakan di dalam deep web banyak sekali hacker yang dapat mengancam keamanan berinternet, maka TOR dapat melindungi Anda dari hal tersebut.

Saat Anda menjalankan TOR koneksi asli pengguna akan dialihkan ke jaringan milik TOR. Jaringan tersebut telah dienkripsi agar tidak dapat terdeteksi oleh pihak manapun baik dari ISP maupun situs yang dikunjungi.
Untuk mengunduh TOR browser, silahkan ikuti tautan berikut https://www.torproject.org/download/download-easy.html.en.
Setelah selesai mengunduh, install TOR Browser hingga selesai kemudian start TOR Browser. Selamat, Anda dapat mengakses dunia Deep Web dengan aman.
Namun sebelum melanjutkan, ada baiknya Anda membaca tips berikut:

  • Sebaiknya menggunakan proxy/VPN agar lebih aman.
  • Jangan melakukan login ke situs manapun selama browsing di Deep Web.
  • Tampilkan selalu indikator trafik internet, waspada traffic mencurigakan.
  • Setelah browsing, hapus history, cache, dan folder temp komputer.
  • Jangan menyimpan sandi di browser.
  • Jangan mengunduh apapun di Deep Web menggunakan IDM.
  • Selalu gunakan block POP-UP.
  • Hati-hati!

Comments

Popular posts from this blog

INTEL VS AMD, Which Better ?

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Smartphone