Mengenal Virus pada Komputer



Virus komputer merupakan sebuah program nakal yang dibuat orang tidak bertanggung jawab dengan tujuan tertentu. Virus yang terdapat pada sebuah komputer memiliki kemampuan tertentu. Virus komputer dianalogikan seperti virus biologis yang dapat menyebar serta memberikan kerusakan(misalnya merusak data-data).

Ada beberapa jenis virus komputer yang harus diketahui agar kita sebagai user dapat meningkatkan kewaspadaan

Cara Kerja
Virus komputer bekerja dengan merusak perangkat lunak dan secara tidak langsung ikut merusak perangkat keras dengan cara membuat program overproses ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memberbanyak diri yang membuat sumber daya seperti memori mengalami pengurangan signifikan. Pada kenyataann saat ini, hampir 95% virus berbasis windows dan sisanya menyerang linux, mac dll.

  
Baca Juga : 10 Antivirus Terbaik 2017


Jenis Virus 
Virus komputer dibedakan berdasarkan serangan terhadap komputer 

1. Worm 
Bekerja dengan mengandakan secara sendiri di komputer. virus ini dapat menyebar melalui jaringan LAN/WAN/Internet tanpa campur tangan si pembuatnya. virus ini mengandakan diri dengan menyisip programnya ke dalam program komputer sambil mencari celah keamanan. ada beberapa worm menghabiskan bandwith yang tersedia. 

2. Malware
Sebuah software yang diciptakan dengan tujuan jahat. Sebenarnya malware sebuah software atau program komputer, tetapi malware diciptakan untuk merugikan orang lain. Malware dapat mengubah, menghapus, menyembunyikan dan mencuri data serta mengahabiskan bandwith, contoh yang lagi ramai adalah kasus ransomware.

3. Trojan
Virus ini seperti perangkat lunak yang mencurigakan(malware/malcious software) yang dapat merusak sistem atau jaringan. Tujuannya adalah mengambil informasi korban serta mengendalikannya

4. Backdoor
Merupakan virus yang menyerupakan aplikasi atau game yang baik, biasanya aplikasi memiliki mekanisme logon atau autentikasi. sama juga seperti trojan tujuan yaitu mengambil data korbannya bahkan parahya terkadang dipakai pada e-comerce tertentu untuk memperoleh data penjual dan pembelinya termasuk kartu kredit

5. Spyware
Merupakan virus yang dapat menginstal dirinya ke dalam sistem tujuannya mencuri data si korban. biasanya virus ini datang hasil ketidak sengajaan mengclik suatu iklan atau mendownload program yang entah tidak jelas. Tanda anda terkena virus ini adalah datangnya sejumlah iklan tidak jelas.

6. Rootkit
Merupakan virus yang menyembunyikan data yang berjalan di sistem. biasanya virus ini dibuat untuk mengaktivasi suatu program, tetapi terkadang ada orang tertentu memanfaatkan virus ini agar tidak ketahuan.

7. Rogue
Merupakan virus yang menyerupai anti virus menampilkan aktivitas layaknya antivirus pada umunya dan memberikan peringatan palsu adanya virus, tujuannya adalah agar korban membeli serta mengaktifasi dan mendatangkan uang bagi si pembuat 


Kita dapat mencegah virus di atas dengan memasang antivirus yang terpercaya serta sering melakukan update. 
Jangan terlalu mengunduh sesuatu yang tidak tahu asalnya, hal tersebut dapat mengundang virus datang

 

Comments

Popular posts from this blog

INTEL VS AMD, Which Better ?

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Smartphone